Representasi Jaringan Sosial dalam Bentuk Graf
Nama : Al Rikat Fathan Mubina
NPM : 17822032
Kelas : 4MA24
·
Ilustrasi
Penyebaran informasi tentang game GTA VI yang baru rilis di Android
Pada tanggal ; 20 Oktober 2022
Tanggal terbentuknya jaringan ; 20 ; Oktober 2022
Jaringan
terbentuk di kampus
A, B, C, D, F, G,……….. = Nama Aktor
Biru tipe actor biasa
Merah tipe actor kelompok peneliti
Hijau tipe actor
pustakawan
Keterangan
* Adjecency
1. Directed Graph
Pada (gambar. 1) terlihat terdapat beberapa sisi atau relasi yang memiliki arah panah, seperti aktor A yang memiliki relasi dengan arah panah ke B. artinya aktor A memberikan informasi tentang rilisnya game GTA VI di Android kepada actor B, dan actor B melanjutkan informasi tersebut kepada teman dia yaitu si C, D, dan F . dan masih ada lagi sisi lainnya yang memiliki arah panah.
2. 2. Non Directed
Graph
Contoh dari non directed graph pada (gambar. 1) yaitu para actor tipe kelompok peneliti, atau pun tipe pustakawan, misalnya dari tipe
pustakawan, mereka tanpa adanya informasi tentang GTA VI merekas semua masih
terhubung atau tetap masih mempunyai relasi karena mereka berada dalam satu
lingkup yang sama. Sama seperti actor B, C, dan D, tanpa ada informasi GTA VI
mereka masih memiliki hubungan pertemanan.
3. 3. Asimetris
Pada (gambar, 1) relasi yang memiliki satu arah yaitu actor A
kepada B, actor B kapada actor C dan D, actor C kepada actor D, dan begitu
seterusnya. Intinya actor yang hanya menyampaikan rilisnya game GTA VI di
Anrdoid tanpa ada feedback atau informasi yang lainnya kepada actor tersebut,
bisa dikatakan itu hanya memiliki relasi satu arah. Hal tersebut ditunjukkan dengan
arah panah di setiap sisi aktor.
4. 4. Simetris
Sedangkan actor yang memiliki relasi dua arah atau memiliki sisi
dua arah yaitu seperti actor B dan F. karena, B memberitahu terlebih dahulu
kepada actor F tentang rilisnya GTA VI, setelah itu actor F mempelejari tentang
game tersebut, dan mengetahui kekurangan dan kelebihan gamenya sehingga di
memberitahu kepada si B tentang apa yang telah dia pelajari dari gamenya.
Begitupun dengan actor G, dan H dimana pada gambar di atas ditunjukkan mereka
punya dua sisi.
5. 5. Valued & Unvalued
Pada (gambar. 1) actor yang memiliki nilai yang banyak yaitu B
kepada C, dan D. hal itu karena pertama actor B hanya memberitahu kepada si C,
dan D tentang rilisnya game GTA VI, namun saat actor B diberitahu tentang
kekurangan dan kelemahan gamenya oleh actor F, actor B pun menghubungi kembali
atau menginformasikan kembali kepada si C, dan D tentang informasi lebih lanjut
game tersebut. Jadi, actor B mempunyai sisi dengan 2 nilai ke setiap actor C,
dan D. begitupun dengan actor H dia juga mempunyai dua nilai kepada pustakawan.
6. 6. One
mode, & two mode
7. 7. Structural
Hole Theory
Pada gambar di atas dapat di simpulkan bahwa actor G memiliki relasi dari beberapa kelompok baik itu pustakawan, kelompok peneliti, dan yang lainnya, yang membuat dia akan mudah mendapatkan peluang ide-ide yang bagus. Contohnya, ketika dia diberikan informasi oleh si E tentang rilisnya game GTA VI, dan dia memiliki relasi atau hubungan dengan actor kelompok peneliti, dia bisa mengajukan actor kelompok peneliti untuk melakukan penelitian terhadap dampak dari rilisnya GTA VI. Setelah dia diberikan hasil penelitiannya, dan mengetahui bahwa dampaknya yaitu akan menurunnya minat baca mahasiswa ke perpustakaan, dia pun memberitahu kembali hal tersebut setelah sebelumnya actor G ini hanya memberikan informasi rilisnya game GTA VI kepada pustakawan. Sehingga actor G juga bisa memberikan solusi kepada pustakwan untuk mengadakan program agar minat baca mahasiswa di perpustakaan tidak turun.
8. 8. Network
Closure Theory
Pada (Gambar. 1) pertukaran informasi yang akan sering terjadi
yaitu antara actor B, C, dan D. sehingga di sana juga akan sering terjadi
pertukaran ide-ide, hal ini disebabkan karena mereka ini individu yang sama
yaitu sama-sama berteman satu sama lain, relasi atau hubungannya tidak ada yang
terpisah actor B mengenal C dan D, actor C mengenal si B dan D begitupun
sebaliknya.
9. 9. Weak
Ties Theory
LEVEL ANALISIS
Aktor :
1. 1. Degree
Centerality
Dalam ilustrasi jaringan di atas bisa dikatakan yang memiliki
popularitas yang tinggi atau memiliki nilai degree centerality, yang bisa
dilihat dengan menghitung outdegree, dan indegree – nya. Maka, bisa dikatakan actor
H, dan B – lah yang memiliki nilai degree centerality, karena mereka
masing-masing memberitahu 3 orang tentang rilisnya sebuah game, dan mereka masing-masing
juga diberikan informasi semacamnya dengan 2 relasi atau dua orang.
2. 2. Closeness Centrality
Salah satu contoh actor yang memiliki kedekatan dengan actor lainnya
dalam gambar.1 yaitu B, karena dia berteman dengan C, D, dan F. sedangkan, A
dia hanya berteman dengan B, sehingga dia tidak bisa langsung bercerita tentang
rilisnya game GTA secara langsung ke C, D, dan F kecuali melalui actor B.
3. 3. Betweenes Centrality
Jika dilihat pada ilustrasi terdapat beberapa actor yang menjadi
perantara, diantaranya yaitu actor G yang menjadi perantara antara actor L, dan
M dengan actor H. dimana tanpa adanya actor G atau actor G tidak mau untuk
memberitahu hasil penelitian actor H menyebabkan actor L, dan M tidak tahu
bawha nanti mahasiswa yang ke perpustakaan semakin dikit.
4. 4. Eigenvector Centerality
Pada Gambar.1, actor B yang menjadi actor terpenting dalam menyebarnya informasi rilisnya game GTA VI di android. Tanpa ada actor B berita rilisnya gta pada hari itu hanya akan diketahui oleh actor A saja.
Comments
Post a Comment